Senin, 20 Maret 2017

Cara Atasi Disk Usage 100% di Windows 10

Tags

Cara Atasi Disk Usage 100% di Windows 10
Cara Atasi Disk Usage 100% di Windows 10
Cara Atasi Disk Usage 100% di Windows 10 - Komputer Kamu menjadi lemot? Bahkan tak jarang hang serta crash? Ada berbagai hal yang mengdampakkan komputer Kamu lemot serta tak jarang hang, salah satunya merupakan Disk Usage Kamu menjadi 100% semacam foto diatas. Jangan panik dulu serta jangan berasumsi bahwa Hardisk Kamu rusak. Mungkin ada hal lainnya. Langsung saja, hari ini admin bakal menjelaskan berbagai hal penyebab Disk Usage menjadi 100% beserta tutorial menanggulanginya. Silahkan Kamu coba berbagai trik dari saya dibawah ini, jika contoh trik ke satu tak sukses silahkan coba trik selanjutnya. Trik dibawah ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya selaku penulis blog ini.

TIPS 1. Cek Apakah di Komputer Anda Terdapat Virus atau Malware.

Untuk trik yang pertama ini tak ada salahnya silahkan Kamu cek serta scan komputer Kamu terlebih dahulu dengan Antivirus harapan Anda. Sebab di sebagian permasalahan, virus serta malware yang bersarang di sebuahkomputer siapa tahu menyebabkan Disk Usage Kamu menjadi 100%. Sebab virus alias malware mengurasi kinerja hardware komputer Kamu tergolong menghabiskan kinerja HDD Anda. Untuk scan virus serta malware, saya merekomendasikan scan dengan Antivirus populer semacam Eset, Avast, Bitdefender, Kaspersky sebab telah memang nilainya dalam melenyapkan beberapa virus alias malware.

TIPS 2. Defrag Hardisk Anda Agar Performa Hardisk Milik Anda Meningkat.

Defrag Hardisk adalah faktor yang penting untuk menjaga hardisk Kamu dari fragmentasi. Terbukti faktor ini dianggap sepele oleh sebagian orang, tapi apabila Kamu tak sempat mendefrag hardisk Kamu dengan rajin paling tak 1 minggu sekali alias 1 bulan sekali maka lama-kelamaan umur Hardisk Kamu bakal menjadi singkat dikarenakan lambat laun hardisk Kamu terfragmentasi. Jadi berikutnya mau alias tak mau Kamu wajib menyiapkan budget untuk membeli Hardisk yang baru.

TIPS 3. Coba Matikan Fitur Windows Search Agar Peforma Disk Meningkat.

Di Windows versi terakhir khususnya Windows 10, mungkin tetap tersedia bug yang mengdampakkan Disk Usage menjadi 100% serta mungkin belum di Fix oleh pihak Microsoft. Bug tersebut biasa dikenal dengan "Search Loop" yang menambah proses Load pada System Drive. Untuk menanggulanginya lumayan mudah, Kamu tinggal stop process "Windows Search" dapat sementara hingga komputer Kamu reboot ataupun permanen.
Untuk mematikan secara sementara sampai komputer Anda reboot, buka Command Prompt (CMD) via Admin (ingat harus yang Admin jangan yang biasa). Anda dapat menemukannya dengan mengeklik kanan pada logo Start Menu. Lalu ketikkan perintah dibawah ini :

net.exe stop “Windows search”

Sedangkan untuk mematikan process Windows Search atau Indexing secara permanen ( tenang Anda bisa mengaktifkan kembali kapan saja dan dimana saja :D ), caranya tekan Win+R dan ketikkan services.msc dan klik OK atau tekan Enter. Setelah jendela Services terbuka, cari kebawah sampai Anda menemukan "Windows Search" lalu klik kanan dan klik Properties. Pada Startup Type pilih Disabled dan jangan lupa klik Stop juga untuk menghentikan process Windows Search atau Indexing ini. Jika Anda masih bingung, lihat gambar dibawah ini.

Cara Atasi Disk Usage 100% di Windows 10
Cara Atasi Disk Usage 100% di Windows 10

TIPS 4. Hapus File Sampah atau Junk Files di Hardisk Anda.

File sampah atau biasa dikenal dengan sebutan Junk Files bisa memperberat kinerja Hardisk Kamu serta menyita ruang kosong Hardisk Anda. Apabila dibiarkan hingga menumpuk bisa mengdampakkan ruang kosong di Hardisk Kamu lama-kelamaan cepat habis serta pastinya bikin komputer lemot juga :D Untuk menghilangkan file sampah bisa pakai aplikasi semacam CCleaner alias Kamu juga bisa menghilangkannya manual tanpa aplikasi. Untuk info selengkapnya bisa cari di mbah Google sendiri. Apabila ada waktu saya bakal mengulas bagaimana tutorial membersihkan file sampah di artikel selanjutnya.
Baca Juga : Tutorial Cara Membuat bootable Flashdisk Windows (XP,7,8,10) Sendiri Hanya Dengan CMD

TIPS 5. Scan dan Repair Key Registry Anda.

Registry Key yang rusak, usang alias tak terpakai biasanya usang dikarenakan contoh Kamu meng-uninstall software tak tuntas hingga ke akar-akarnya. Faktor tersebut bisa mengdampakkan komputer Kamu tak bekerja maksimal. Untuk scan serta repair registry, Kamu bisa memakai software CCleaner serta Smadav Antivirus sebab kedua software tersebut tersedia fitur repair registry. CCleaner alias Smadav kerenan yang mana? Pastinya CCleaner donk sebab software tersebut lebih difokuskan untuk hal-hal semacam membersihkan komputer dari file sampah, registry rusak / usang serta membersihkan cache alias cookie browser.

TIPS 6. Disable XX Service.

Dalam beberapa alasan, XX Service menjadi salah satu masalah kinerja Disk yang bikin lemot komputer Anda terutama di Windows 10. Untuk mengatasinya Anda harus mematikan XX Service melalui Command Prompt atau CMD.

Buka Command Prompt atau CMD via Admin seperti yang saya jelaskan di TIPS nomor 3. Lalu ketikkan perintah dibawah ini :

net.exe stop superfetch

Anda butuh beberapa saat untuk meningkatkan kembali kinerja komputer Anda. Selain itu, Anda juga harus melakukan Check Disk melalui Command Prompt:

chkdsk.exe /f /r

Setelah melakukan Check Disk, Anda diharuskan melakukan reboot / restart untuk menyelesaikan proses Check Disk.

TIPS 7. Coba Cek Versi Flash Browser Anda.

Cobalah untuk memeriksa Flash Anda, apakah versi Flash yang Kamu gunakan merupakan versi lama. Flash versi lama malahan membikin Disk Usage 100% pada Windows 10 serta versi awal Windows, khususnya ketika Kamu memakai browser Google Chrome. Apabila Flash Kamu versi lama, perbuat Update proses Update supaya semuanya menjadi maksimal.
Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Install Android Studio di Windows 7, 8, 10 dengan Mudah
Untuk menonton versi Flash, Kamu dapat cek lewat Google Chrome dengan mengetikkan "chrome://plugins" tanpa tanda kutip pada Address Bar Google Chrome maka akan terlihat versinya.

TIPS 8. Mungkin Ada File Service Aplikasi yang Tidak Sukses Terjalankan Saat Startup atau Booting Windows.

Ini merupakan Trik terbaru dari penulis serta berdasarkan pengalaman saya sebagai penulis, trik yang terbaru ini berhasil bagi saya. Untuk menanggulangi persoalan yang terbaru ini, Kamu lumayan mencari service software yang tak berhasil terjalankan saat booting. Kamu dapat memakai Task Manager untuk mengenalnya.
Baca Juga : Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 dengan Mudah
Umpama Kamu punya software IDM tapi service IDM tak berlangsung saat komputer dinasibkan, serta terjadi semakin mesikipun komputer Kamu sudah reboot berbagai kali maka dapat dipastikan software Kamu tersebut corrupt alias rusak. Untuk menanggulanginya lumayan instal ulang software tersebut serta perbuat update software supaya tak rusak. Biasanya rusak sebab usang tak diupdate dengan cara berkala.

Kenapa hal ini bisa mempengaruhi Disk Usage? Sebab pada dasarnya Windows saat booting, Windows meperbuat proses Running semua software beserta services-nya di Hardisk komputer Kamu supaya berlangsung semua. Dikarenakan ada file service software yang gagal berlangsung saat booting sebab rusak mesikipun hanya satu, maka Windows bakal memaksa file service tersebut supaya bisa berlangsung (padahal file services software itu rusak / tak bisa dijalankan) jadi Disk Usage menjadi 100% semakin hingga service software itu berlangsung.

Itulah beberapa tips atau cara untuk mengatasi Disk Usage Windows yang 100%. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Maaf jika tulisan saya ini panjang lebar karena saya sengaja menjelaskannya secara detail dengan maksud agar Anda menjadi paham.


EmoticonEmoticon